Welcome Message

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بسم الله الرحمن الرحيم

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا

Segala puji hanya bagi Allah, kami memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri-diri kami dan kejelekan amal perbuatan kami.

مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

Barangsiapa yang Allah beri petunjuk, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya, dan barangsiapa yang Allah sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk.

وَأَشْهَدُ أَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

Dan aku bersaksi bahwa tiada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah saja, tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad (ﷺ) adalah hamba dan Rasul-Nya.

يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam

[Ali Imran 102]

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَعَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Rabb-mu yang telah menciptakan dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya, dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) Nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan Mengawasi kamu

[QS. An Nisaa’ 1].

يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, Maka Sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar

[Al Ahzaab 70-71]

أما بعد

فإن أصدق الحديث كتاب الله ، و أحسن الهدي هدي محمد ، وشر الأمور محدثاتها ،

وكل محدثه بدعه ، و كل بدعه ضلاله , وكل ضلاله في النار

“Sesungguhnya sebaik-baik ucapan adalah Kitabullah (Al-Qur’an), dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan seburuk-buruk perkara adalah hal-hal yang baru, dan setiap yang baru adalah bid’ah, dan setiap bid’ah di dalam neraka”


Setelah sekian lama berniat untuk membuat blog, akhirnya niatan ini terwujudkan juga, tujuan pembuatan blog ini tak lain hanyalah sebagai ‘catatan-harian’ dalam hal mengenai : ilmu islam (syari’ah dan sunnah) yang dimana juga mungkin dihubungkan dengan isu-isu dalam kehidupan sekarang ini.

Semoga post-post yang dalam blog ini, bisa bermanfaat khususnya bagi diri ana sendiri dan juga para pembaca. Jika ada kesalahan dalam pengetikan atau informasi yang ana postingkan, saya memohonkan agar para pembaca mengoreksi dan serta pula saya berharap para pembaca untuk dapat memberikan komentar-komentar yang kritis, baik itu komentar-komantar yang bersifat membangun ataupun untuk mengoreksi, sehingga dapat terwujudnya suatu informasi yang, Insya Allah, akan mengurangi kecacatan apalagi fitnah yang tidak disadari didalamnya, Insya Allah.

Tujuan penulisan-penulisan blog ini tak lain tak bukaan adalah untuk mereferensikan dan ‘membukukan’ ilmu yang saya dapat, yang semoga dapat digunakan secara berkala dan Insya Allah tetap teguh dan berdiri sehingga dapat dijadikan pelajaran bagi diri saya sendiri khususnya dan juga para pembaca. Tak hanya itupula, semoga postingan-postingan yang ana berikan ini, bisa diamalkan jika memang adalah suatu kebenaran yang haq (sesuai dengan ajaran al-qur’an dan sesuai sunnah Rasulullah (صلى الله عليه وسلم) menurut pemahaman salafush sholeh).

Saya pun mendoakan semoga rahmat, hidayah dan taufiq Allah selalu tercurahkan bagi para narasumber tulisan-tulisan yang di-post dalam blog ini, semoga ilmu-ilmu yang mereka sampaikan bisa menjadi amal jariyah bagi mereka dan dapat memberikan manfaat bagi saya pribadi dan para pembaca, serta sekiranya, ilmu-ilmu yang kita peroleh itu, dapat kita amalkan dan dakwahkan kepada orang-orang terdekat kita. Insya Allah.

Adapun dalam berkomentar di blog saya ini, maka saya melakukan pilihan-pilihan dulu sebelum menerima komentar dari pembaca. Harap diingat, tidak akan di’post’ komentar-komentar yang mengandung fitnah, cercaan, hinaan, dan segala bentuk hujatan dengan kata-kata yang kasar.

Saya pribadi, Insya Allah, bisa menerima perbedaan-perbedaan (ijtihadiyyah, bukan aqidah dan manhaj) dari para pembaca, akan tetapi saya memohonkan untuk tidak mendiskusikan perbedaan ini dengan hati yang panas, pikiran yang tidak terkendalikan sehingga hanya dapat menyebabkan kemungkaran-kemungkaran sehingga pula dapat kedengkian antar sesama. Seperti berbicara tanpa ilmu ketika mengutarakan/mengkomentari/membantah sesuatu. Bantahlah ilmu dengan ilmu, karena berbicara sesuatu tanpa hujjah/ilmu adalah merupakan kebodohan yang ganda. Karena ia berkomentar dengan hawa nafsunya, dan karena ia berkomentar tanpa menggunakan ilmu (hujjah yang sesuai dengan yang dibicarakan).

Jika ada postingan-postingan yang ana tampilkan terdapat kesalahan informasi, kesalahan kata-kata, atau kesalahan-kesalahan yang lain. Maka ingatkanlah! karena ana tak lain hanyalah manusia biasa, yang lemah dan kerap kali terpedaya oleh tipuan syaiton yang terkutuk.

Sesungguhnya apa-apa yang baik dari tulisan ini datangnya dari Allah (سبحانه وتعالى), dan segala kekurangan datangnya dari saya. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan. Semoga Allah Mengampuni saya dan para pembaca sekalian.

Amin Ya Rabbal ‘Alamin

Wallahu ‘alam
Wal ‘ilmu ‘indallah
Wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam
Subhanakallohuma wabihamdika, asyhadu al-laa ilaha illaa ant, astagfiruka wa atubu ilaik

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh




%d bloggers like this: